Thursday, April 25, 2013

PROPOSAL PEMBANGUNAN MASJID JAMIE AL-MAJID



PROPOSAL PEMBANGUNAN MASJID JAMIE AL-MAJID

KATA PENGANTAR
السلام عليكم ورحمةالله وبركاته
Segala puji hanya bagi Allah, Tuhan seru sekalian alam, Dialah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan atas junjungan Nabi Muhammad SAW, kepada kaum kerabatnya serta segenap pengikutnya yang setia, hingga akhir masa.
Masjid memiliki posisi yang cukup strategis. Posisi strategis ini tidak terlepas dari salah satu tugas dan fungsi Masjid itu sendiri, yaitu sebagai sentral kegiatan keagamaan di lingkungan pemukiman umat Islam. Agar segala kegiatan itu bisa berjalan dengan baik, maka sarana dan prasarana yang menunjang pelaksanaan kegiatan itu harus juga dipenuhi.
Bersama ini kami Panitia Pembangunan Masjid JAMIE AL-MAJIDmenyusun proposal sebagai pedoman kerja yang memuat rencana secara rinci mengenai pembangunan Masjid JAMIE AL-MAJIDyang berlokasi di Desa Kebondanas Kecamatan Pusakajaya Kabupaten Subang Provinsi Jawa Barat.
Maksud dan tujuan pembangunan Masjid JAMIE AL-MAJIDini sebagai langkah di dalam mengembangkan dakwah serta menjalin ukhuwah Islamiyah di lingkungan warga masyarakat terutama umat Islam.
Akhir kalam, melalui proposal ini kami berharap semoga Allah SWT membuka hati kepada kaum muslimin / muslimat terutama di lingkungan Desa Kebondanas Pusakajaya Subang dan kaum muslimin / muslimat pada umumnya untuk berjihad di jalan Allah dengan jalan menyisihkan sebagian rezekinya untuk pembangunan Masjid JAMIE AL-MAJIDini.
Kami sampaikan terima kasih dan penghargaan kepada para dermawan, semoga segala dukungan moril maupun materiil akan dihitung oleh Allah sebagai ibadah dan menjadi amal shalih kita bersama. Amin
والسلام عليكم ورحمةالله وبركاته
PANITIA PEMBANGUNAN
MASJID JAMIE AL-MAJID
Ketua Sekretaris
MA’UN SYAHYADI ROSIDIN, S.Pd.I.
I. PENDAHULUAN
Masjid secara bahasa berarti tempat untuk bersujud, sedangkan secara terminologis Masjid adalah suatu bangunan tempat ibadah bagi umat Islam, terutama untuk dipergunakan Shalat Rawatib (lima waktu) dan atau Shalat Jum’at. Namun demikian sebenarnya pada zaman Rasulullah SAW dan pada masa sahabat, Masjid selain tempat ibadah shalat juga merupakan sentral dan pusat pemerintah, mulai dari masalah agama, sosial, budaya, pendidikan, ekonomi dan politik.
Pengertian tersebut memberikan corak tersendiri bagi umat Islam pada masa sekarang. Maka tidaklah mengherankan apabila kita temui Masjid yang telah dikelola dengan baik, terawat kebersihan, kesehatan dan keindahannya, terorganisir dengan manajemen yang baik serta dilengkapi dengan sarana pelayanan masyarakat seperti: kantor sekretariat, ruang serba guna, majelis ta’lim, tempat kegiatan remaja Masjid, toko, perpustakaan dan lain sebagainya.
Ringkasnya Masjid tersebut bukan hanya sekedar tempat beribadah, tapi lebih jauh dari itu adalah merupakan pusat dari segala upaya yang didasarkan pada ajaran Islam demi terwujudnya pembangunan Agama, Negara dan Bangsa.
Mengingat pertimbangan-pertimbangan tersebut di atas, maka kami warga Desa Kebondanas, Kecamatan Pusakajaya, Kabupaten Subang, provinsi Jawa Barat bermaksud merenovasi Masjid JAMIE AL-MAJIDserta mendirikan sarana pendukung kegiatannya.
II. LATAR BELAKANG
Membangun masjid yang sudah dilengkapi dengan prasarana yang memadai merupakan harapan yang tidak mudah diraih, namun juga bukan seseuatu hal yang mustahil untuk diwujudkan. Oleh karenanya diperlukan adanya niat tulus ikhlas ataupun uluran tangan dari ummat yang peduli atas kemajuan agamanya. Bagi kaum muslimin yang bertaqwa kepada Allah SWT mengetahui bahwa membangun dan memakmurkan masjid menjadi sebuah kewajiban dimanapun ummat Islam berada. Sebagaimana firman Allah SWT:
إِنَّمَا يَعْمُرُ مَسَاجِدَ اللّهِ مَنْ آمَنَ بِاللّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ وَأَقَامَ الصَّلاَةَ وَآتَى الزَّكَاةَ وَلَمْ يَخْشَ إِلاَّ اللّهَ فَعَسَى أُوْلَـئِكَ أَن يَكُونُواْ مِنَ الْمُهْتَدِينَ
Sesungguhnya yang memakmurkan masjid-masjid hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan sholat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk orang-orang yang mendapat petunjuk” (Q.S. at-Taubah : 18)
Masjid jami JAMIE AL-MAJIDdesa Kebondanas Kecamatan Pusakajaya Kabupaten Subang merupakan salah satu tempat peribadatan dan pusat media dakwah Islamiyah disamping sebagai pusat pendidikan dan tempat mendekatkan diri kepada Allah SWT berada dalam kondisi fisik yang memprihatinkan, serta kurang nyaman dan representatif.
Disamping itu, mengingat semakin banyaknya jama’ah terutama pada shalat Jum’at serta diperlukannya sarana dan prasarana pendukung bagi kegiatan memakmurkan masjid, maka dengan memohon pertolongan Allah SWT serta sumbangan dari kaum muslimin, kami warga masyarakat Kebondanas bertekad untuk melakukan renovasi total terhadap seluruh fisik pembangunan Masjid Jami’ JAMIE AL-MAJIDbeserta fasilitas-fasilitas lainnya.
III. Landasan
1. Hasil rapat pengurus Dewan Kesejahteraan Masjid jami JAMIE AL-MAJIDbersama alim ulama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, LMD Desa Kebondanas.
2. Hasil rapat seluruh panitia pembangunan masjid jami JAMIE AL-MAJIDDesa Kebondanas pada tanggal 27 Juni 2009
IV. Nama Proyek
Nama proyek ini adalah “Pembangunan Masjid JAMIE AL-MAJIDDesa Kebondanas Kecamatan Pusakajaya Kabupaten Subang”.
V. Tujuan
Berdasarkan dari pendahuluan serta latar belakang di atas, maka tujuan pembangunan Masjid JAMIE AL-MAJIDini adalah:
1. Tujuan Umum
a. Terbinanya umat Islam yang beriman, berilmu dan beramal shalih dalam rangka mengabdi kepada Allah untuk mencapai keridlaan-Nya
b. Terwujudnya pembangunan Masjid sebagai sentral kegiatan ummat Islam di lingkungan masyarakat kebondanas
c. Terselenggaranya kegiatan-kegiatan masjid dengan lancer.
2. Tujuan Khusus
a. Tersedianya Masjid yang memadai, nyaman, representatif dan serbaguna
b. Menyediakan sarana pelayanan dan pembinaan umat dalam memahami Islam
c. Terselenggaranya manajemen idarah masjid yang baik
d. Adanya sarana (alat/perlengkapan) secretariat yang memadai
e. Sebagai media untuk menyambung tali silaturrahim dan sambung rasa bagi ummat Islam
f. Terbentuknya sarana dakwah dalam upaya menegakkan amar ma’ruf nahi munkar.
VI. Organisasi Pelaksana
Proyek pembangunan ini ditangani oleh Panitia atau pengurus yang dibentuk dan ditetapkan berdasarkan rapat musyawarah dari Alim Ulama, Tokoh Masyarakat, pengurus Musholla yang difasilatsi oleh Pengurus DKM Masjid JAMIE AL-MAJID. Adapun struktur serta susunan panitia Pembangunan Masjid JAMIE AL-MAJIDsebagaimana terlampir.
VII. Lokasi, Waktu dan Bentuk Bangunan
1. Lokasi
Pembangunan Masjid ini berlokasi di Desa Kebondanas, Kecamatan Pusakajaya, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat.
2. Bentuk Bangunan
Bentuk bangunan bergaya Indonesia dengan arsitektur tradisional yang dipadu dengan arsitektur semi modern terdiri dari 2 (dua) lantai. Adapun gambar dan rancangan bangunan selengkapnya seperti terdapat pada lampiran.
3. Waktu Pelaksanaan
Waktu pelaksanaan pembangunan Masjid JAMIE AL-MAJIDdimulai pada tanggal 11 Oktober 2009 serta diperkirakan akan selesai dalam jangka kurang + 3 (tiga) tahun sejak dimulainya pembangunan masjid tersebut.
VIII. Rencana Anggaran
Rencana anggaran biaya pembangunan Masjid JAMIE AL-MAJIDini diperkirakan sebesar Rp. 3.068.000.000,- (tiga milyar enam puluh delapan juta rupiah). Adapan perhitungan rencana anggaran biaya pekerjaan pembangunan Masjid JAMIE AL-MAJIDserta analisis harga/biaya satuan pekerjaan sebagaimana terlampir.
IX. Sumber Dana
1. Masyarakat desa Kebondanas
2. Hasil dari menyewa tanah wakaf
3. Donatur tetap
4. Dermawan, simpatisan dari luar Desa Kebondanas
5. Bantuan dari Instansi
X. Penutup
Kami Panitia menyadari sepenuhnya bahwa proposal ini kurang dari sempurna, namun kami kami bertekad untuk melaksanakan pembangunan Masjid JAMIE AL-MAJIDdengan penuh rasa tanggung jawab kepada Allah SWT, para dermawan maupun warga Kebondanas Pusakajaya Subang.
Proposal ini diharapkan dapat menjadi kerangka landasan dalam pelaksanaan pembangunan sekaligus memberikan gambaran tentang kebutuhan sarana ibadah tersebut beserta fasilitas pendukungnya, sehingga pada akhirnya akan lebih memantapkan dukungan dan peran sertanya.
Demikianlah Proposal Penggalangan Infaq untuk Pembangunan Masjid JAMIE AL-MAJIDDesa kebondanas kami sampaikan dengan harapan mendapat perhatian dan tanggapan yang positif. Akhirnya hanya kepada Allahlah kami memohon agar dimudahkan dalam segala urusan kami. Sesungguhnya hanya Dia-lah dzat yang Maha Pemberi Taufiq dan Maha Pemberi Petunjuk. Dan atas bantuan dan partisipasinya. kami mengucapkan Jazakallah khairan.
PANITIA PEMBANGUNAN
MASJID JAMIE AL-MAJID

No comments:

Post a Comment

Post a Comment